CERITA RAKYAT DANAU UTER


Cerita rakyat danau uter kabupaten maybrat
ASAL-USUL DANAU UTER # Part II
KABUPATEN MAYBRAT PROVINSI PAPUA BARAT


Cerita rakyat wariskan dari generasi kegenerasi yang diceritakan orang tua saya tentang asal usul Danau Uter di Kabupaten Maybrat.

Pada suatu hari ketika seorang pemuda ia berburu di wilayah kepala air Danau uter, ia berburu mengunakan tombak, parang bersama seekor anjing yang ia membawa untuk berburu . Diperjanan sebelum tiba di tempat dimana mata air danau uter , ia telah mendapatkan seekor babi hutan hasil buruan si pemuda ini.

Pada saat si pemuda ini memikul seekor babi hasil buruannya dengan berjalan, tiba tiba ia mendengarkan suara anjingnya mengonggong. iapun terus berjalan menhampiri anjingnya yang sedang berusaha mendapatkan mansanya dengan mengunakan satu tanganya.

Si pemuda ini mendekat dan melihat kearah anjingnya yang sedang berusaha mengali tanah yang berada di bawah bandar kayu. iapun menaruh tombak dan mengantung seekor babi dan mengali akar-akar kayu untuk melihat apa yang ada dbawah Bandar kayu itu.

pemuda ini  bersama seekor anjing terus mengali, disaat mengali akar-akar kayu, iapun mendapatkankan pasir,siput ,batu-batu kecil dan terasa tanahnya basah.
Ketika pemuda ini terus  mengali maka keluarlah seekor tikus (krau) dari Bandar kayu ,dengan spontan anjingnya mengejar tikus dan secara tiba-tiba air keluar dari tempat galian si pemuda itu.

Dengan ketakutan si pemuda ini lari searah tikus dan anjingnya, air yang keluar dari Bandar kayu itu mengalir mengikuti jejak Tikus,Anjing dan Pemuda ini.Karena Air yang keluar seperti air Bah maka si pemuda itu mati tertimpah air disunau .

Anjingnya terus mengejar tikus ( krau) dan Air Bah mengikutinya dari belakang,lebih dari 8 ( Delapan) Km,anjing itupun mati tertimpah Air Bah.Tinggal seekor tikus yang berlari dan Air Bah mengikutinya.

Di tempat aya heren ( panta air ) tikus itupun masuk di dalam lubang batu ,sehingga air bah itu juga masuk kedalamnya. Maka disitulah batas Danau Uter.


Demikian cerita legenda DANAU UTER. Jadikan tulisan sebagai krakter hidup untuk mengabadikan cerita rakyat dari manapun kamu berada dan apapun ceritanya. Asalakan ikatan lima sampai sepuluh generasi memgerti Legenda Cerita Rakyat Mereka.By,Chados.Sangkek

0 Responses to “CERITA RAKYAT DANAU UTER”:

Followers