SELAMAT DATANG DI BLOG INI

NASIONALISME PENDIRI BANGSA

(lanjutan Bag 2)

Ensiklopedia popular, politik dan pembangunan pancasila, jilid III, mendefinisikan Nasionalisme sebagai paham kebangsaan yang tumbuh karena adanya persamaan nasib dan sejarah serta kepentingan untuk hidup bersama sebagai suatu bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat dan maju dalam satu kesatuan bangsa Negara dan cita-cita bersama guna mencapai dan memelihara serta mengabadikan identitas pesatuan, kemakmuran dan kekuatan atau kekuasaan negara kebangsaan yang bersangkutan (Ensiklopedia popular, politik dan pembangunan pancasila, jilid III. Yayasan cipta loka caraka hlm. 31).
Nasionalisme atau paham kebangsaan itu bisa disederhanakan sebagai semangat cinta bangsa dan cinta tanah air (patriotisme) memang mempunyai perwujudannya. Pada zaman masa revolusi untuk menegakkan negara bangsa, semangat kebangsaan terwujud jelas antara lain dengan mengangkat senjata mengusir musuh sebagai tentara atau suka relawan, (Sutarjo Adisusili, 1996 ; 1). Itu berarti sama seperti dikatakan Hans Kohn, dalam bukunya Nasionalisme Arti dan Sejarah mengemukakan bahwa nasionalisme adalah suatu paham, yang berpendapat bahwa kesetiaan tertinggi individu harus diserahkan kepada negara bangsa (Hans Khon,1984 ; 14).
Secara etimologis Nasionalisme berasala dari bahasa latin Natio yang berarti bangsa yang dipersatukan karena kelahiran, dari kata Nasci yang berarti dilahirkan. Maka jika dihubungkan secara obyektif ada beberapa factor lahirnya nasionalisme, seperti bahasa, ras, agama, dan peradaban (zivilization), wilayah, negara, dan kewarganegaraan (Hansk Kohn, melalui Natalis, 2000; hal 14). Sedangkan Menurut Carton J. H. Hayes membagi dua factor penyebab lahir dan tumbuhnya nasionalisme pertama factor obyektif yang paling lazim dikemukakan adalah factor politik (penjajahan), factor social, factor ekonomi, factor budaya, dll. Kedua, factor subyktif, seperti Dogma, ide pemikiran, dll (J.H. Hayes, Adisusilo, 1998; 1). Factor-faktor lahir dan tumbuhnya nasionalisme dari waktu ke waktu dapat berubah, misalkan perubahan nasionalisme Indonesia, pada zaman prakemerdekaan berbeda dengan zaman kemerdekaan.
Di Indonesia nasionalisme prakemerdekaan tumbuh dan berkembang untuk melawan kolonial Belanda. Itulah sebabnya pada saat perjuangan kemerdekaan Indonesia semangat nasionalisme tidak terpisahkan dari kesadaran sejarah kaum terpelajar. Kaum tepelajar dan mahasiswa terus berjuang merubah pola perlawanan yang bersifat kedaerahan menjadi perlawanan secara bersama melalui berbagai organisasi yang dibentuk seperti, Budi Utomo dan lainnya. Puncak dari nasionalisme Indonesia terbentuk pada tahun 1928 dengan mengikrarkannya sumpah pemuda.
Papua Barat telah menjadi perdebatan Indonesia–Belanda. Aspek nasionalisme kebangsaan yang dipandang para elit politik pendiri bangsa ini di Jakarta dalam usaha mengintegrasikan Papua Barat adalah:

Pertama, dari aspek histories. Mereka menempatkan nasionalisme kebangsaan yang akan dibangun berdasarkan teritorial. Menurut Yamin dan Soekarno klaim teritorial atas Papua Barat, Malaya dan Pilipina karena alasan histories sebagai wilayah bagian dari kerajaan Sriwijaya dan Majapahit sebagai cikal bakal dari berdirinya Indonesia. Bisa dibilang ini kekeliruan karana Sriwijaya, Majapahit merupakan Negara tersendiri yang memiliki sistem pemerintahannya sendiri terlepas dari sistem pemerintahan modern yang dianut oleh Indonesia yang tidak lain adalah warisan moderenisasi.
Nasionalisme teritorial dalam sejarah perjuangan Indonesia tidak sepenuh hati menerima perjanjian Rom-royem, Renvile yang memperkecil wilayah yang Indonesia. Kemudian gagasan RIS dan Federal untuk Indonesia tidak memuaskan bagi elit politik yang pada saat itu berkuasa. Dalam Rapat Besar Badan Penyelidik Usaha persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) para elit politik Jakarta memandang semua daerah bekas Jajahan Belanda sebagai bagian dari NKRI. Pemikiran itu pernah diungkapkan Moh. Yamin yang kemudian akan ditanggapi oleh Moh. Hatta dengan mengatakan pemikikiran Yamin terkesan sangat imperialis. Soekarno membanta pendapat Hatta dengan berpandangan tidak hanya Papua dan Malaya, bahkan Sukarno secara teritorial menghendaki Pan Indonesia yang meliputi Pilipina, Malaya dan Papua, namun Pilipina telah merdeka lebih dahulu (Risalah BPUPKI, 1995: 148-152).
Nasionalisme teritorial yang dibangun oleh teori-teori Moh. Yamin dan Soekarno dalam Rapat Besar BPUPKI pada tanggal Juli 1945 menurut Mohamat Hatta tidak ada bedanya dengan dengan nasionalisme yang pernah dibangun Jerman Kultur und Boden sebagai dasar dari imperialisme yang dimajukan oleh Jerman meluap keluar dan mau menjajah Oosternritjk dan Cekoslovakia. Hatta lebih menekankan kepada forum agar mengajak para pemuda-pemudi berpikir realistis dan menghilangkan nafsu yang mau meluap keluar, mengubah tujuan menjadi meluap kedalam, membangun Negara dengan sebaiknya dan mempertahankan Negara dengan sehebat-hebatnya. Oleh karena itu Hatta berpendapat bahwa biarkan bangsa Papau dan Malaya diserakan kepada masyarakatnya sendiri. Hatta mengakui bahwa mereka juga punya hak untuk merdeka.

Kedua adalah nasionalisme yang dibangun atas aspek manusai di dalamnya yaitu seperti aspek sosio kulturnya. Moh. Yamin pernah membangun teori dalam rapat BPUPKI, mengatakan bahwa orang Papua Barat memiliki Ras yang sama dengan ras Melayu. Namun dibanta oleh Hatta. Dalam tulisan ini saya tidak perlu membahasnya, karena ini tidak mungkin seperti yang tampak pada ciri fisik antara kedua ras tersebut. Kecuali, sebagai penghuni dunia dan ciptahan Tuhan dilengkapi dengan akal sehat.

Selain dua hal di atas yang paling kuat nasionalisme elit Jakarta untuk mengintegrasikan Papua Barat adalah faktor EKONOMI. Papua Barat sangat kaya raya dengan luas wilayah sekitar 3 kali lebih dari pulau Jawa dan secara geogrfis berada diambang pintu gerbang Samudra Pasifik memiliki fungsi militer-politis sangat vital memiliki sumber kekayaan alam yang sangat berfariasi dengan kualitas dan kuantitas sangat potensial. Di bumi Papua Barat terdapat mineral seperti emas, timah, platina, biji besi, batu bara, minyak, kaolin dan juga uranium. Kekayaan hutan dan lautnya sangat banyak. Sehingga dapat dipahami selain mempunyai nilai ekonomis yang vital. Dengan alasan ekonomi inilah, elit politik Jakarta berkonspirasi dengan kapitalis (Amerika) dalam mengintegrasikan Papua Barat. Ini terbukti dengan kehadiran PT. Freeport pada tahun 1967 yang aneh, karena: Pertama, Papua belum sah menjadi bagian dari Indonesia, tetapi Soeharto telah meneken masuknya PT FI ke Erstberg. Kedua, PT FI telah masuk ke Erstberg jauh sebelum UU penanaman modal asing (PMA) Nomor 1 tahun 1967 itu disahkan. Berartikan, UU PMA itu dibuat memfasilitasi dan mempermulus PT FI.” Yang sampai saat ini merupakan sumber pendapatan Jakarta terbesar. Dan sumber penderitaan bagi orang Papua Barat.
Nasionalisme yang di bangun elit politik Jakarta itu tidak beda, sepeti ideologi komunis atau kapitalis yang menjadi agaman baru bagi masyarakat dunia disebarluaskan ke seluruh dunia. Sama seperti itu, nasionalisme Indonesia yang dibangun oleh elit politik Jakarta melalui sistem politik, ekonomi, pendidikan yang sentralisasi, juga melalui pelatihan serta kepemudaan dan simbol-simbol seperti bendera kebangsaan, bahasa nasional melalui pelatihan, organisasi kepemudaan, dan lainnya. Itu hanya sebatas hegemoni kekuasaan, untuk melakukan jawanisasi di Papua Barat. Sehingga bagi penduduk Papua Barat merupakan sesuatu yang baru tanpa tahu maknanya dan harus mengikutinya. Dengan begitu jelas sudah nasionalisme menjadi suatu dogma bagi masyarakat.
Nasionalisme yang dibangun oleh elit politik Jakarta mengedepankan militer tidak ada bedanya dengan penyatuan wilayah Nusantara yang pernah dilakukan oleh Patih Gajamada pada masa kerajaan Majapahit. Daniel Dhakidae pada bagian pengatar buku karya Benedict Anderson Imagined Communities menyebutkan dua kata yaitu Jaladi Mantri dalam arti sesungguhnya adalah Armada dan itu tidak lain dari ABRI. Ketika Trikora dikomandangkan padat tahun 1963 untuk merebut Papua Barat tidak lain yang lebih didahulukan adalah inovasi moliter dan mobilisasi social untuk membangun koloni baru di Papua Barat. Demi membangun koloni Indonesia di Papua, militer di kirim untuk membekuk semagat nasionalisme etis Papua (Melanesia) yang sedang terbangun. Dalam hal ini perlu kita pahami bahwa Belanda sudah tidak begitu kuat secara militer, kecuali polisi-polisi orang Papua Barat yang pro Belanda.
Kehadiran militer Indonesia sebagai pengembang nasionalisme teritorial yang dibangun elit politik Jakarta melakukan berbagai bentuk intimidasi secara fisik, seperti melakukan pembunuhan terhadap mereka yang pro Belanda ataupun yang bercita-cita membentuk Negara Bangsa sendiri. Penindasan mental, mental seperti usaha sentralisasi dalam aspek kehidupan dengan tujuan mematikan nasionalisme melanesia yang telah terbangun.


Papua; Mutiara dari Timur



Tidak kurang dari empat belas kabupaten di Papua mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Banyak pilihan yang bisa kita kunjungi, ada wisata bahari yang mempersembahkan taman laut yang mempesona, wisata budaya, sejarah dan terlebih wisata fauna dan flora yang mungkin tidak bisa kita temui ditempat lain.
Semua tempat wisata yang mengagumkan ini masih sangat alami. Dengan peradaban masyarakat pedalaman yang masih primitive, menjadikan Papua sebagai sebuah tempat yang sangat menarik perhatian para wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal.

Kota Jaya Pura yang dulu dikenal dengan nama Hollandia terdapat sebuah museum yang menyediakan berbagai informasi budaya di Papua seperti ukiran dari berbagai kabupaten, alat perang, tenunan dan tarian adat, serta berbagai ritus dan peninggalan purbakala.

Di Sentani juga terdapat tugu Jendral Douglas Mc Arthur peninggalan Perang Dunia II. Di sebelah utara monument Mc Arthur pada ketinggian 325 meter terdapat dataran pegunungan Cyclop dengan puncak gunung Dofonsoro. Daerah ini sangat indah dan dahulu kala tempat ini merupakan pangkalan pertahanan Mc Arthur.

Dari puncak Cyclops dapat dipantau Danau Sentani dengan air yang bening biru. Danau seluas 9.670 hektar merupakan tempat mata pencarian penduduk Sentani dan sekitarnya. Danau sentani juga merupakan tempat rekreasi yang sangat indah dan sangat cocok untuk bersantai.

Jika kita ingin meneruskan perjalanan dari Jayapura, tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengunjungi Biak. Di Kecamtan Biak Timur tetaptnya di desa RIM terdapat taman burung yang menampilkan bermacam jenis burung langka khas Irian yang hanya dapat ditemui di Papua. Luas taman burung ini mencapai sekitar dua hektar.

Di derah ini juga memiliki taman laut yang sangat indah. Terletak dikepulauan Padaido yang terdiri dari 30 pulau kecil dan besar. Taman laut Padaido ini merupakan taman laut berkelas dunia yang terdiri dari berbagai tumbuhan laut, terumbu karang dan berbagai macam jenis ikan besar maupun kecil.

Taman Nasional Laurentz terletak di Paniai, Puncak Jaya, Jayawijaya, dan Merauke. Di Puncak Jaya atau puncak Cartenz terdapat puncak salju abadi. Puncaknya bertudung es. Puncak Jaya ini tadinya disebut puncak Cartenz, sebuah puncak gunung yang ditemukan oleh orang Belanda tahun 1678. Puncak Cartenz merupakan satu-satunya puncak gunung yang diselimuti salju abadi yang ada di Asia Tenggara.

Selain Taman Nasional Laurentz Papua juga memiliki Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Taman ini merupakan perwakilan ekosistem terumbu karang, pantai, mangrove dan hutan tropika daratan pulau di Papua.


T
aman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia, terdiri dari daratan dan pesisir pantai (0,9%), daratan pulau-pulau (3,8%), terumbu karang (5,5%), dan perairan lautan (89,8%).

Taman Nasional Teluk Cendrawasih terkenal kaya akan jenis ikan. Tercatat kurang lebih 209 jenis ikan penghuni kawasan ini diantaranya butterflyfish, angelfish, damselfish, parrotfish, rabbitfish, dan anemonefish.
Terdapat empat jenis penyu yang sering mendarat di taman nasional ini yaitu :
penyu sisik (Eretmochelys imbricata),

penyu hijau (Chelonia mydas),
penyu lekang (Lepidochelys olivaceae), dan
penyu belimbing (Dermochelys coriacea).

Duyung (Dugong dugon),
paus biru (Balaenoptera musculus),
ketam kelapa (Birgus latro),
lumba-lumba, dan hiu
sering
terlihat di perairan Taman Nasional Teluk Cendrawasih.

Terdapat goa alam yang merupakan peninggalan zaman purba, sumber air panas yang mengandung belerang tanpa kadar garam di Pulau Misowaar, goa dalam air dengan kedalaman 100 feet di Tanjung Mangguar. Sejumlah peninggalan dari abad 18 masih bisa dijumpai pada beberapa tempat seperti di Wendesi, Wasior, dan Yomber. Umat Kristiani banyak yang berkunjung ke gereja di desa Yende (Pulau Roon), hanya untuk melihat kitab suci terbitan tahun 1898. Jika anda ingin berkunjung atau sekedar melancong, Antara Bulan Mei sampai dengan Oktober adalah saat yang tepat untuk mengunjungi Papua.

Beberapa lokasi/obyek yang menarik untuk dikunjungi:
- Pulau Rumberpon. Pengamatan satwa (burung), penangkaran rusa, wisata bahari, menyelam dan snorkeling, kerangka pesawat tempur Jepang yang jatuh di laut.
- Pulau Nusrowi. Menyelam dan snorkeling, wisata bahari, pengamatan satwa.
- Pulau Mioswaar. Sumber air panas, air terjun, menyelam dan snorkeling, pengamatan satwa dan wisata budaya.
- Pulau Yoop dan perairan Windesi. Pengamatan ikan paus dan ikan lumba-lumba.
- Pulau Roon. Pengamatan satwa burung, menyelam dan snorkeling, air terjun, wisata budaya, dan gereja tua.



TERIMA KASIH

Tak satupun ku sesali tetan semuanya itu.....
hanya kujalani apa yang sudah terjadi......
aku bersyukur atas semua pemberianmu" lebih dari cukup......
aku sudah banyak belajari,banyak mengenal ,dan mengerti"
semua yang kau tau dan pahami....
tapi tak seperti yang ku pikirkan....
kamu jadi madu dalam empedu....

kamu tidak megerti apa itu teman dan apa itu cinta...
walau waktu seakan menutupi semuanya..
lagi-lagi hal cinta dan teman tinggalkan diriku...
aku akan melupakan dan menggubah semuanya....
agar aku bisa tenang mengjalani hari hari hidupku...
aku tau sesuatu itu akan berubah dan berakir
aku telah banyak belajar darimu.....
terima kasih untuk semuanya. by,absan

GAYA BERPIKIR

hari demi hari kita melankah dan lalui
perubahan demi perubahan terjadi
dalam-
hidup
setiap manusia.yang inggin maju
dan berkemban
setara perkembagan yang ada.
hal ini terjadi di kalanggan "
MAHASISWA FAKFAK JOGJAKARTRA"
yang mengcoba mengetahui gaya berpikir mahasiswa
papua pada umumnya dan fak fak kususnya.
sebab banyak hal yang terjadi dan sering
kita melakukan seperti "ke moll,dugem,motor,pulsa,dan mob.
hal ini kita kalukan di saat kita dalam keadaan sadar"
tapi kita tidak pernah menyendari bahwa,
sesuatu tingdakan yang kita buat itu,
bersifat kesenangan sesaat
tapi tidak menghasilkan
sesuatu yang bermanfaat bagi diri kita sendiri.


namun ada hal yang sering kita melakukan
yaitu (3K"kampus"kantin"kost")
3 hal ini kita lakukan terus menerus
secara otomatis studi kita cepat selesai
dan gelar serjana kita pegan.
tapi bermodalan sepotong kertas
kita sudah produtif dan layak untuk bersain...."
kita harus merubah sikap kita dari sekaran
dan banyak melibatkan diri dimana dan kapan saja...
supaya hal hal yang kita rasa kurang itu terisi"
serpiti kita ikut organisasi.diskusi.dll.
maka ketika kamu pulan dengan gelar serjana orang tua
bertanya itu kita bisa menjawab sesui pertanyaa yang ia berikan.
sebab banyak kali terjadi itu ketika orang bertanya
kita menjawabnya
itu bukan jurusan saya
itu saya tidak pernah mempelajarinya itu saya tida di ajarkan.
sedankan kita di kirim untuk berjalar semua hal yang harus kita belajar
bukan bersenan senan.sebab ada bahasa yang bilang
"saya berpikir maka saya hidup
pribahasa ini menggajak kita untuk berpikir segala sesuatu yang harus di lakukan.



kalau kita malas berpikir dan malas melakukan
sesuatu demi masa depan yang cerah.
maka kita adalah pemilik masa lalu
"namun kalau kita berpikir hal hal yang harus
kita lakuakn dan terus lakukan maka
kita adalah pemilik masa depan yang lebih baik.
hari ini sesuatu itu harus kita buat sebab segala hal itu kita raih
harus kita bekerja dari sekarang bukan
kita memilih diam dan malas berpikir.
nangti kita kala bersain dengan orang dan kita jadi di pingkirkan...
-----------------------------------------------------------------------------------------





KAWAN HARI HARI YANG SUDAH ADA..
JANGAN KAMU SIA SIA KAN...
DENGAN HAL HAL KOSONG...
TAPI KAMU HARUS ISI DENGAN...
HAL HAL YANG BERSIFAT POSITIF...
DEMI MASA DEPANMU YANG CERIA.








SOLIDARITAS


Kebersamaan anak papua di tanah rantau tetap terjaga, baik sebagai diri pribadi maupun dalam kelompok kota kabupaten asal maupun secara satu ikatan kesatuan daerah Papua.

Sebuah fenomena dan kehidupan nyata anak papua saat ini, hal ini terbukti seperti semalam, ketika di Papua ada musibah, Gempa yang mengunjang Kota Manokwari dan Sorong, Di Daerah Istimewa Yogyakarta, Kumpulan Mahasiswa Papua yang melakukan aksi solidaritas dengan membawa, kotak-kotak amal dan berdiri di beberapa titik lampu merah dan melakukan pengumpulan dana untuk bantuan korban gempa.


Bukan cuma itu saja ternyata, masih ada tari-tarian adat yang di pamerkan di malioboro,yang selesainya sampai jam 10.00 WIB, dengan antusiasme warga yang lewat dan berdiri menonton cukup banyak.

Salut buat kawan-kawan yang telah tergerak untuk tetap menjaga solidaritas, yang telah membantu dan membuka jalan pikiran kawan lain yang belum paham akan hal seperti itu.


SEBAB

katakan sebenaranya"
ucapkan isi hatimu
tatap masanya.....
tenakan diri.....
railah dia...
sampaikan dia.....
ranglah cintamu...
sebab cinta.....
tak mungkin di tunggu
kerena cinta harus di jemput bukan di tunggu.by.Mr.tigma

SEKILAS BUDAYA YANG TAK PERNAH DI SADARI.......

geraka membuat kita di kata oleh orang lain.
seperti kita orang fak fak ssudah memiliki culture atau kebiasaan yang sudah terbentuk dan tertanam di masrakat fakfak.dan di ikuti dengan karakrestik yang bersifak universal.sehingga kita orang fakfak akan diketahui melalui geralk_gerik.biarpun itu hanya sekilas yang alami,maupun dalam perjalan yang di ukur melalui jarak pandang.tetapi bisa lebih mengenal itu pasti orng fak fak dak itu sudah terbentuk di masrakat setempatmaupun masrakat lain.kenapa?karena terjadi di fak fak adalah ketika mahasiswa yang berkuliah di kota study lain,yangtidak tau siapapun dia yang ketika masih di daerah kita.pada saat kita berada di kita study yang jauh nantinya,akan menjadi sesuatu relasi yang menjadi
cara berjalan ketika teman kita yang awal belum kita dengan melihat kebiasaan cara berjalanseperti yang sering kita lakukansehari hari biasanya kepada agak tunduk,badan sedikit bengkuk dan berdua tangan di belakangpinggang.ini artinya mencerminkan sesuatu orang fak fak namun hal ini tidak di sadari orang fak fak sehinga kita sebaiknya mahasiswa baru kita.sadari bahwa ini juga merupakan bagian dari culture kita.kita perlu ketahui bahwa sesuatu yang berdialektika.tidak akan terlepas dan selalu eksis..,...by.bh3rto putra hengi

UNTUK APA BERBEDA


Untuk apa berbeda warna
Berbeda visi, misi dan garis perjuangan politik
Berbeda menakar plata form parpol
Yang merindukan badut-badut penguasa
Kami, rakyat butuh makan, damai dan senyum
Bukan sebatas kata makan Kami,
rakyat tidak butuh janji untuk makan, damai, senyum
Kami, rakyat butuh bukti makanan, rasa damai dan
tebaran senyum di setiap rongga-rongga kulit bumi

Untuk Apa Terus Berbeda;
jika masih ada air mata kaum bawah membasahi bumi
jika masih terbersit seberkas darah politik di jalanan
jika tuan-tuan politik saling menabrakan angkuh keangkeran
jika rakyat jelata masih mengungsi ke bilik-bilik kesunyian
jika massa tuan-tuan masih saling mengancam
jika kami rakyat masih menebar senyum palsu
jika bicara lantang dengan pengeras suara di pundak
jika alat tajam masih tetap berbicara
jika lentera politik membentur batu dan bersarang di pucuk akrawala
Jika masih ada keping debu traumatis menyayat kalbu anak negeri

Untuk apa berbeda?
Kucari perbedaan di awang-awang
Katanya burung masih beterbangan
Kupikul warna-warni bendera politik
Katanya pasir masih berdesir
Kusuluh kain-kain politik bagaikan lentera
Katanya angin, masih riak-riak berhembus
Kujajaki aneka bunga melingkar di kaki-kaki gambar
Katanya politik, anti perbedaan
Berbeda untuk bersatu
Bersatu untuk membangun
Membangun penuh perbedaan
Membangun negeri Indonesia
Membangun rakyat
Membangun harkat dan martabat massa politik yang adi luhur
Membangun Hak-hak azasi setiap anak negeri
Menyambung kemaslahatan dari kenistaan politik buram
Hai, para tuan-tuan politikKatakan secara jujur
Bahwa tuan-tuan bisa menjadi obor pembawa damai
kala ada rintihan rakyat akibat berbeda warna
Wartakan kepada batu, kayu dan senjata tajam
Kami memang berbeda
Kami berbeda untuk membangun sebuah tonggak politik
Menyongsong era baru pembangunan lima tahun
yang memancarkan sinar-sinar persatuan
Jika tidak,Kenapa kita mau berbeda?
Sedangkan perjalanan masih terus panjang
Tidakkah masih ada pembaharu yang bersahaja?
Hai, tuan-tuan politik
Singkirkan segera kekerasan politik
Yang menyisakan kasih traumatis
pada nurani kaum jelata dan lata
yang mengidamkan perut kenyang untuk hari ini
merindu rasa damai mulai detik ini
Sekarang, tebarkan senyum asri bersama dokar-dokar politik.
Sekarang. Jangan besok
Jangan lusa dan apalagi tula

Untuk Apa Berbeda?
Jika hanya menyisakan nokta sengsara pada dinding bumi
Untuk apa berbeda?
Jika hanya menegasikan sebuah kedaulatan berpolitik rakyat?
Untuk apa berbeda?
Jika batu, kayu dan sajam masih mengisi khasanah jalanan?
Untuk apa masih memerah lalapan api, bekas batu kayu meronta di sela kehidupan?
Untuk apa berbeda?
Jika embun-embun penyegar hati sulit menggairahkan hati?
Untuk apa berbeda
jika tetap terbuka rongga-rongga keserakahan?
Sekat-sekat korupsi menyejara?
Untuk apa?Untuk sebuah kekuasaan di telikungan sejarah?
Katakan tidak, tidak dan tidak,……
Berbeda demi dan untuk menegakan hak-hak azasi rakyat
Berbeda untuk membangun
Berbeda untuk menata potret buram kerakyatan Indonesia
Berbeda untuk merekam aspirasi kaum pinggiran
Berbeda untuk memperjuangkan hidup rakyat
Berbeda untuk meneruskan cita-cita the Founding Father
Tak ada waktu untuk terus semaikan perbedaan
Sudah cukup tua, rakyat menampung derita-derita perbedaan
Cukup. Cukup.Cukup sudah menabur benih-benih perbedaan
Rakyat muak dan malu mengungsi akibat politik
Rakyat capek meneteskan air mata politik di jalanan
Rakyat benci kepada para bandit-bandit politik
Rakyat diam, bila mendengar suara politikus yang menggelegar di panggung

Rakyat nasibmu tetap di telaga politik

BLOG FS

KAULAH KAWAN KU

kawan.....kau lah ispirasi.
kau membuat senyum di setiap derita.
kau membentuk hal tidak ada menjadi ada.
kau mengubah sesuatu yang harus di rubah.
"kau inggin kita semua harus bisa"
walau kau tau hidup amat susah di hadapi semua orang.
namun sesusah hidup ini,kau membentuk tembok yang sanggat kuat di kemudian hari.
kawan..tak ada sesuatu yang bisa ku berikan"hanya kata rebutlah cita N cinta mu dan yakini,
"hari kemarin adalah kenangan"
"hari ini adalah kenyataan"
"dan hari esok adalah impian"

☻"MAJU TRUS KAWAN..KU"☻

TONG SUDAH MAJU

sa liat tong mau maju dan inggin berkemban.
tong samua berkemban dengan berbagai macam Cara yang torang ambil dan lakukan.
ungtuk penuhi torong pu kelemahan dan kekurangan yang torang samua sudah tau hal itu.
tra boleh tong sudah tau hal yang kurang "tapi tong malah melakukan hal hal yang pernah torang lakukan waktu tong di tempat asal dulu.
seperti beli pulsa -sewa motor ungtuk kesenangan sesaat,yang membuat torang tra bisa membuat torang berkemban ungtuk maju bersain dengan tong pu taman taman lumpun padi dorang.
tapi torang banyak melakukan hal hal yang bersifat mengnyenankan tapi tidak menguntungkan torang pu diri.
seperti tong pergi acara goyang dari malam samPai pagi.hal yang tong lakukan ini di luar kesadarang torang"dia rasa menyenankan torang pu diri.
tapi tidak mengguntunkan torang pudiri.
ada hal yang jauh lebih baik tong lakukan yaitu hal nengguntukan tong pu diri.seperti torang beli buku trus tong baca di kamar berjam jam.
hal yang torang lakukan itu mengguntunkan torang pudiri tapi tidak menyennakan.sebab apa torang banyak berjalan dengan kata tra sabar,tong mau sesuatu itu harus jadi saat ini juga.
secara otomatis pasti torang senang.tapi tong tra tau hal ini tahang lama atau tidak"bagus atau tra bagus.
tong malah memaksa sesuatu itu harus jadi dan jadi supaya tong bisa tersenyum untu sesaat saja"tapi tong tra terseyum hanya sekali ungtuk selamanya.



TONG HARUS TAU HAL YANG TONG LAKUKAN

tra boleh ko mengukur kebijaksanaan teman di sekilingmu hanya kerana kepandaiannya berkata-kata
tetapi ko juga perlu menilai dia secara penglaman yang ia miliki dan tingkah lakunya terhadap ko.
dan siap merubah ko dengan semua kelemahan dan kelibihan nya.


tong Hidup ini adalah gabungan antara dua sisi "bahagia dan derita".
dong dua hal ini adalah menguji keteguhan iman torang manusia.
akan terjadi dua sisi bagi tong yang hanya mengikut kehendak hati tidak sanggup menerima penderitaan
yang tong hadapi.


tong sudah masud Hari baru yang sanggat indah.
tapi tahun baru tidak akan memberikan sebarang makna
jika tong pu kegagalan masalalu tidak di serlasaikan.
akan membuat tong mengjadi"^..........^"?


Lebih baik tong menjadi pendengar yang baik"
dari pada tong menjadi pemerhati yang kaku dan tidak tahu apa-apa.
dan torang Manusia tidak perlu dihukum kerana tonglupa,
tetapi torang manusia yang seharusnya dihukum kerana sengaja lupa.
dan membeladiri dengan perlawanan secara sengaja alias "babinggun"
sebab orang binggun yang bisa memberi perlawanan...?
karna dia tau hal yang terjadi.


Sekiranya tong harus meletakan satu nilai keberhasilan kecil ke atas diri tong sendiri,
dari pada tong terseyum bahagi dengan orang dong lain pu ilmu yang membuat tong bahagia
sebab satu perubahan yang tong buat walau pun orang lain dong bilang hal sepeleh
tapi tong merasa satu kembanggaan terindah yang tong buat.


ada orang dong tersingun "dengan perkataan torang" dan merasa bahwa itu satu hal penghalan.
Sedangkan dong lain yang dengar" apa yang tong bilang itu benar ungtuk di ubah.
demi kebersamaan dan kesuksesan tong bersama menuju satu barisan yang kuat.


tong pu Lidah adalah benteng yang kuat,
maka ko harus menjaganya semua tengtan dia
agar ko tau hal yang pantas ko pakai supaya ko tra jadi korban dari ko pu lidah sengdiri
sebab tong pu lidah bisa membuat tong jadi sukses,
dan tong pu lidah juga bisa menggantar tong rimbah kehangjurang.by.absan

KO SUDAH BERUBAH

sa liat ko sudah berubah....
sa tra tau"apa yang membuat ko berubah.
sehingga ko pergi kastinggal sa sendiri.
sa jadi sedih inggat ko pu kata kata dulu....
ko bilang sa cinta ko...
ko bilang sa sayang ko....
ko bilang sa yang paling terindah..
tapi kini ko sudah milik orang lain.
ko lupa dengan semua perkataan yang ko bilang.
ko liat sa sebatas yang ko liat.
ko tra sadar sesuatu yang terindah pernah timbul di antara kita berdua.
biar derita sa bawah pergi.
demi kebahagiaan ko dengan dia.
tra papa tong grai jadi.....?by,absan

MENHINGDAR

aku bangkit hendak menhingdar"entah kenapa"
aku merasa persaudaraan tak seperti dulu lagi.
inggin hati ku pergi dan melupakan semuanya,
agar apa yang ku pedam bisa di megerti..
ku butuh tempat berlindung...
ku butuh tempat berbagi rasa ini...
waktu jangan kau siksa diriku.by,absan

KESENANGAN SESAAT SESUNGUHNYA tiada ADA ARTINYA

jANGANLAH PERNAH MERASA MENYESAL APA YANG ENGKAU JALANI DIDALAM KEHIDUPAN ini . SESUGUHNYA SEMUA ITU ADALAH AWAL DARI SUATU KEHIDUPAN YANG KEKAL. INGATLAH SUATU SAAT SEMUA YANG ADA DIDUNIA INI AKAN MATI. KESENANGAN SESAAT SESUNGUHNYA TIADA ARTINYA.


LELAH HATI INI MENUNGGU HARAPAN DAN TERUS BERHARAP TAK MUNGKIN DATANG HINGGA TIBA WAKTUNYA.TERJEMPUT HARAPAN TINGGAL HARAPAN TAK ADA PENCAPAIAN BERBEDA KETIKA ADA HARAPAN DAN ADA KEINGINAN UNTUK MENCAPAI HARAPAN ITU WALAU SERIBU LANGKAH, PAKSALAH KAKI UNTUK SELALU MELANGKAH KEJARLAH HARAPAN ITU. JANGAN HANYA MENUNGGU HINGGA HARAP ITU MUSNA DI TELAN OLEH WAKTU YANG KAMU JALANI.

Followers