Air Terjun Safrok berada di Distrik Sawiat Sawiat Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat

 

Air Terjun Safrok

KABARSORSEL.com Air Terjun Safrok berada di Distrik Sawiat Sawiat Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat  . Lokasi Air Terjun Safrok  didominasi hutan dengan jernihnya air  yang mengalir deras.

Masyarakat setempat menggantungkan hidupnya dari hasil ladang dan hutan. Secara tradisional, setiap keluarga menggarap kebun di sepanjang aliran sungai yang jernih ini.

Lokasi yang ditempuh kurang lebih masuk kampung sejauh 2 Km dari jalan besar tepatnya Km 29 Teminabuan-Sorong Selatan.

Dari Ibukota Teminabuan sendiri lokasi ini dapat ditempuh selama 1-2 jam perjalanan menggunakan roda empat. Kemudian tidak jauh dari kantor Distrik Sawiat, perjalanan dilanjutkan sekitar 2 Km ke arah titik parkir yang sering kali digunakan masyarakat untuk beribadah padang.

Dari titik parkir kemudian perjalanan dilanjutkan berjalan kaki sejauh kurang lebih 1,5 jam perjalanan melalui jalan setapak yang masih rimbun dengan pepohonan.

Rute ini juga membelah sungai, dimana jembatan hanya titian kayu dari pohon besar yang tumbang. Medan yang licin dan rapatnya pepohonan didominasi tumbuhan tropis disekitar jalan setapak.

Ekosistem sungai ini disepanjang rute masih sangat alami dan belum ditemukan pengrusakan oleh manusia. Semuanya masih alami, karena masyarakat setempat masih menggunakan alat sederhana untuk berladang dan tidak merusak hutan.

Dibalik rimbunnya hutan, Tim Jelajah Subkorwil-3 SorSel Maybrat yang dipimpin oleh Letda Inf. Yasser Nasution menemukan air terjun yang indah dan deras. 

Air terjun ini mengalir dari dinding setinggi 20 meter, dengan bagian atas yang nampak rapat oleh semak dan suplir. Lebar deras air yang jatuh sekitar 15 meter pada tebing tersebut.Red

0 Komentar di "Air Terjun Safrok berada di Distrik Sawiat Sawiat Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat"